Dengan Sombong Ku Berkata: Aku Bukan Orang Sombong!

anti-bullyingYap. Judul postingan itu mengawali semua kejadian kenapa sudah lama tak menulis kembali. Sombong. Ah, kalimat itu selalu berkumandang setelah dua bulan aku di Padang TV. Kalimat itu tak hanya di alamatkan ke diri, namun diri ini juga mengucapkan hal yang sama kepada setiap orang.

Hingga akhirnya aku termangu. Sebenarnya batasan sombong itu apa? Apakah jarang bertemu dan menegur sapa, membuat seseorang menjadi sombong? Apakah tak ada lagi intensitas pertemuan yang sering, hingga membuat kita melihat orang itu sombong.

Dan Apakah, perbedaan jarak tempat juga membuat kita saling mencap diri sebagai orang sombong. Dan apakah sudah lama tak membuat postingan di blog ini menjadikan kita masuk pada orang yang sombong. (ha ha ha..)

Sombong itu, menurut saya adalah menolak kebenaran. Suatu keadaan dimana anda merasa diri anda adalah orang terbenar, tak mungkin salah. Dan dimana anda merasa bahwa pikiran orang lain itu hanyalah sampah. Kondisi dimana anda mengingkari kebenaran, padahal sudah ada bukti terang mengenai hal itu, dan anda sudah mengetahuinya…. Itulah yang dinamakan sombong!

Seperti raja Namrud dan Firaun yang tetap ngeyel mengaku bahwa dirinya tuhan. Padahal sudah ada nabi di depannya yang lebih ‘sakti’ daripada mereka. Padahal sudah ada tantangan pembuktian ketuhanan yang tak bisa mereka lakukan. Padahal sudah ada bukti yang nyata bahwa mereka itu manusia biasa dan bukan tuhan.

Seperti seorang pejabat atau bos yang merasa bahwa dirinyalah yang paling benar. Bos yang tak pernah menghormati apa yang dipikirkan dan dikatakan oleh anak buahnya karena menganggap kata-kata dari anak buahnya adalah sampah atau tak berguna. Atau bos yang sewenang-wenang menghukum anak buahnya yang mungkin berbuat salah, tanpa mau tahu apa yang sebenarnya terjadi, tanpa mau menyelidikinya dulu.

Yap, begitulah definisi sombong yang aku tau, pikir dan definisikan. Setidaknya teman, kalimat yang hadir dua bulan belakangan ini. Baik yang dihaturkan ataupun aku lontarkan sendiri, berharap tak sekadar hanya membuat kita menjadi jauh. Tak hanya pelepas berbicara. Karena kalimat itu, akan membuat aura negatif yang bisa membuat tali silahturrahmi jadi renggang.

Iklan

4 Komentar

  1. absolute power tends to corrupt

    satu dari korupsi kemanusiaan terbesar adalah sombong yang berasal dari waham kebesaran bukan kak?

    opss…dalam kasus ini aku sepertinya telah melewati fase anak buah yang dicincang atasan

    hahaha

    tapi jangan juga sampai menjadi sombong oleh ketidaksombonganmu lo!!!!

    ===============
    Pien: Wwkwkwkw….Yup..Ngga sombong akan ketidaksombongan…SeeP..Mantap Fad..

  2. arrogance??sebenarnya sebatas apa sich sombong itu??karena kita g pernah negor kah kita dibilang sombong??nda juga sempat dijudge sombong kak cuma2 gr2 g pernah negor org disekitar…uchh sebnarnya apa sech yg pnts disombongin m orang seperti nda:(..

    but so far yg nda tw sombong itu bukan soal urusan ditegor dan menegor seseorang tapi lebih mengarah kepada sikap dimana kita selalu underestimated m orng lain,,bnr g kak:)
    but so far since i know u sis nda g pernah ngrs hal itu didiri kaka, mlhn sikap ngemong yg sering muncul..

    nda g tau pa penilaian nda ini objektif atau ga tapi yang pasti menurut nda penilaian ini benar adanya!!!penilaian seorang adek g pernah salah,..for me u’r very kind sis..exactly for twins….!!luv u sista..:)

    ====================
    Pien: Thanks sis…Memang tidak dibatasi oleh urusan tegur dan menegur aja…. 🙂

  3. sombong???sombong itu gmn seh sis??jrg bergaul ma lingkungan sekitar bs diblng smbng??jrg keluar rumah, cuma maen ma sodara2 doang itu sombong juga????mmm…i guess the statement is a big wrong..ngejudge orang sombong tanpa tau alasan sebenarnya..menurut na it’s a big sin…

    whatever lah yg pasti sombong mnrt na g seperti itu..so i don’t agree with the statement which talk that u’r arrogance sis!!!!!! so far in my view kaka adalah kaka yg baek bgt..ngemong, tegas dan yg pasti really care about us…

    u’r my inspiration sis..kaka bikin na sadar akan satu hal, hidup itu perjuangan..hidup butuh pengorbanan..hidup ada up and down..sekeras apapun hidup mesti dijalani..live is such..kita ga boleh tergantung ma siapapun karena kita terlahir sendiri dan bakal pergi sendiri..ga ada yg bener2 abadi..i need u sis but i am not spoiled, trust me i’ll prove..however u are for twins u are the best and already be my lovely sista..i’m proud of u sis..luv u so much sis..

    ====================================
    Pien: Thanks sis…Tapi Janganlah membuat kaka ini jadi inspirasi.. Kaka ini seperti patung cat..Suatu saat, cat itu akan memudar, hingga akhirnya terlihat wujud asli yang hanya mengecewakan, terhadap setiap mereka yang butuh pedoman.

  4. kata Orang sich SOMBONG adaLah rasa rendah diri yg ditutup-tutupi…

    ==========================

    Pien : Perhaps…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s