Menakar Sumbar 2011

Menengok kembali perjalanan Sumbar satu tahun terakhir. Setidaknya ada dua aspek yang bisa dipotret. Pertama, dalam potret peristiwa. Kedua, Sumbar dalam potret angka-angka pembangunan.
Di awal 2010, Sumbar masih berbenah pasca gempa 30 September 2009. Pemulihan mental korban, perbaikan infrastruktur, dan menggiatkan kembali aktivitas ekonomi sembari menarik investor agar tak beralih.

“Bagaimana media memandang usaha Pemerintah dalam melakukan recovery terhadap hal ini?” tanya Pemred Vinna Melwanti kepada Pemred Posmetro Padang Sulaiman Tanjung dalam Dapur Redaksi di Padang TV, Sabtu (8/1) pukul 20.00 WIB.

Meski memberi apresiasi, sebab dari data BPS menyatakan, pertumbuhan paling tinggi terjadi pada sektor perdagangan, hotel, dan restoran yang tercatat sebesar 6,66 persen. Ini boleh dikatakan Sumbar termasuk daerah yang relatif cepat bangkit pasca bencana. “Namun yang kita lihat adalah daya serap terhadap anggaran yang kurang,” katanya.

Sementara Wapemred Padang Ekspres Nashrian Bahzein juga mengingatkan pada medio 2010, tepatnya 7 Mei, berlangsung pilkada serentak terbesar di Indonesia. Sebanyak 13 daerah dari 18 kabupaten/kota menghelat pemilihan kepala daerahnya. “Media pun mencatat terjadi suhu politik yang panas, meskipun akhirnya kita menjadi pionir penyelenggaraan pilkada yang aman,” sambung Pemred Padang Today, Reviandi Iwan Syahputra yang akrab disapa Gope.

Hingganya perjalanan Sumbar 2010 boleh dikatakan tidak ringan. Bencana alam beruntun disertai prediksi gempa susulan telah mempengaruhi psikologi masyarakat. Hal ini menjadi poin penting dalam menyongsong tahun 2011. “Sekali lagi, perlu sinergi. Sinergi yang muncul dari kesadaran utuh dalam menjalankan peran masing-masing, mulai dari pemerintah, masyarakat, sampai perantau. Ini menjadi kunci Sumbar menyongsong 2011,” tukuk Vinna Melwanti menyimpulkan.  (vin)

 

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s